Awas Hati Hati !! Jangan Memposting Sertifikat Vaksinasi Covid-19 ke Media Sosial, Dampaknya Berbahaya

 


Sehatynews.com – Jakarta, Pemerintah sedang berupaya untuk menekan angka penularan virus Covid-19 dengan melakukan vaksinasi.

Namun, perlu diingat bahwa jangan sembarangan mengunggah atau membagikan sertifikat vaksin ke media sosial manapun terlebih juga membagikannya secara sembarangan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan bahwa kartu tersebut terdapat informasi mengenai identitas dan tanggal vaksinasi. Bahkan dalam sertifikat vaksin ini tertera QR Code yang bersifat rahasia.

Sebab, didalamnya mengandung kode QR, hal itu juga terkait privasi data. Ketika seseorang mengunggah kartu vaksinasi di medsos, dikhawatirkan bisa di salahgunakan dari pihak tak bertanggung jawab.

“Terkait privasi data, masyarakat agar tidak sembarangan membagikan sertifikat vaksin Covid-19 atau tiket vaksinasi yang mengandung kode QR ke media sosial,” jelas Johnny Plate dalam pesan singkatnya, Kamis, 4 Maret 2021, sebagaimana dikutip dari PMJNEWS.

Pasalnya, dalam kartu tersebut terdapat nama, tanggal lahir hingga nomor induk kependudukan.

“Pada prinsipnya, informasi terkait kesehatan seperti informasi penyakit yang diderita, riwayat kesehatan, adalah informasi pribadi. Maka, informasi ini selayaknya tidak dipublikasikan secara tidak perlu,” tuturnya.

Johnny juga menyarankan agar penerima vaksin untuk lebih bjak lagi saat menggunakan medsos.

Hal ini karena beralasan untuk demi keamanan dan kerahasiaan data penerima vaksin, dan sebaikanya kartu tersebut digunakan untuk kepentingan yang sudah diotorisasi.

Sebagaimana salah satunya digunakan untuk laporan karyawan di sebuah perusahaan serta ketika Anda menggunakan transportasi umum atau juga layanan kesehatan.***

(Sumber : PMJNews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *